Rabu, 15 April 2015

foto: stone-hedgefinancialgroup(ca)

Memikirkan tentang pensiun, kita juga akan memikirkan tentang usia pensiun yang tepat untuk diri kita. Beberapa orang mengajukan pensiun dini karena merasa jenuh berada di kantor. Sebagian yang lain malah memperpanjang masa kerjanya, karena masih semangat bekerja dan juga ingin menyimpan uang lebih banyak.

Usia pensiun pada umumnya sekitar umur 55-56 tahun. Usia tersebut dinilai cukup matang bagi seseorang untuk beristirahat dari pekerjaannya. Saat itu juga kemampuan manusia juga mulai menurun. Masa tua memang disarankan untuk menjaga kesehatan dan juga memperbanyak ibadah. Masalah uang dan pekerjaan seharusnya sudah tidak terlalu dipikirkan. Sayangnya, pada usia pensiun tersebut sebagian orang masih merasa belum cukup mempersiapkan diri untuk keluar dari pekerjaan yang memberikan mereka penghasilan tetap.

Sebenarnya bisa saja kita menargetkan untuk memiliki usia pensiun yang lebih muda, misalnya pada umur 40 tahunan. Jika kita benar-benar ingin untuk pensiun di usia tersebut maka perlu melakukan persiapan sedini mungkin.

Lakukan Saat Ini

Banyak yang menganggap ini hal yang tidak mungkin terjadi, itu karena mereka tidak merencanakannya sedini mungkin. Orang-orang kadang tidak berpikir tentang pensiun, sebelum mereka berumur 40 tahun. Lebih awal kamu memulai makan itu akan lebih baik.

Hal yang bisa dipersiapkan adalah dengan tidak menghambur-hamburkan uang. Kurangi membeli barang yang tidak perlu atau belanja barang yang terlalu mahal. Uang yang tersisa bisa digunakan untuk tabungan hari tua.

Lakukan Sesudahnya

Saat memutuskan pensiun, bukan berarti kita langsung menjadi pengangguran dan beristirahat saja. Kita bisa berhenti dari pekerjaan tetap kita tapi fokus pada bisnis atau investasi yang dijalankan. Pekerjaan yang bisa dilakukan saat sudah pensiun adalah pekerjaan yang tidak terlalu membuang-buang waktu dan tenaga, tapi tetap membuat kita aktif dan tak bosan.

Lakukan dengan Pintar

Banyak pensiunan yang kemudian merasa rindu untuk kembali ke kantor karena tak tahu apa yang harus mereka kerjakan setelah pensiun. Coba rencanakan terlebih dahulu aktivitas apa yang akan dilakukan setelah pensiun. Selain itu menabung sejak dini perlu dilakukan agar kita memiliki simpanan tambahan untuk hari tua kita.

Sumber: www.penulispro.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KERJADIRMAHAJA.COM - BISNIS HEBAT BIKIN HAPPY!

KERJADIRMAHAJA.COM - BISNIS HEBAT BIKIN HAPPY!