Selasa, 29 Desember 2015

PARA ORANG TUA, AWASI SELALU ANAK ANDA! PESAN MORAL UNTUK DIBAGIKAN!

 

[caption id="" align="aligncenter" width="570"] Area bermain di salah 1 mall di Jakarta, terlihat ada banyak anak-anak dengan tingkatan umur yang berbeda-beda..[/caption]
Hari ini saya membawa anak perempuan saya jalan jalan ke mall dan gak lupa bermain area bermain anak. Seperti biasa ada banyak anak lainya disana dengan berbagai usia, besar kecil, laki perempuan. Tentu enak rasanya bisa bermain bersama anak, bukan?



Namun ada yang menarik dan sungguh diluar batas toleransi saya saat itu. Setelah saya amati dengan seksama. Di karpet alas bermain ada sejumlah pecahan mainan plastik yang bisa menusuk kaki anak-anak (langsung saya buang ke luar area).



Lebih menarik lagi, ada anak laki laki yg berpostur besar menjadi pemimpin dari gerombolan anak-anak lainnya. Mereka berbuat semena mena terhadap anak anak lainnya. Berteriak-teriak, memboikot 1 wahana & menutup wahana lainnya agar tidak bisa digunakan dgn menghalangi, mencopot dan mempreteli wahana, menakut nakuti anak yang lain dan menggunakan alat permainan dengan brutal. Yang kuat menjadi penguasa dan mempengaruhi anak lainnya untuk ikut. Kalau gak ikut, mereka disingkirkan dan disisihkan serta dilarang bermain. Buat anak kecil, lebih baik ikut dan berprilaku seperti gerombolannya bukan daripada tidak ditemani?


Dalam pengamatan saya, dimana orang tuanya? Kenapa mereka tidak melarang? Untung saja saya mengawal setiap langkah anak saya (Maklum pengalaman pahit anak saya dikasari anak laki2 yg lebih besar). Saya pasang tampang galak dan teriak jika ada anak lain berlaku kasar. Akhirnya setelah beberapa menit, orang tua dari bbrp anak tersebut datang. Ternyata orang tua meninggalkan anaknya berbelanja! @-(


[caption id="" align="alignnone" width="960"] Anak-anak yang lebih besar seringkali bermain bergerombol dan ingin menguasai area bermain dengan menakuti anak-anak yang lainnya...[/caption]


Jadi dalam bahasa kasarnya (maaf), kecil-kecil anak sekarang ini saya melihat sudah ada sifat premanisme, vandalisme dan "gerombolan bandit" dalam arena bermain anak-anak. Buat saya, saat itu bukanlah arena bermain dan bersenang senang untuk anak, tapi lebih seperti kerusuhan sesaat dimana anak lainnya terancam kesenangannya krn kelakuan mereka..


Dari pelajaran tersebut, saya dan keluarga berharap nantinya di semua arena bermain ada petugas pengawas yg menjaga.
Wahai pengelola Mall, harap jadikan ini sebagai masukan yang baik untuk kedepan dan lakukan perbaikan.
Wahai orangtua, awasi dan jangan tinggalkan anak anda saat bermain walaupun dia sudah besar!


Kalau orang tua dari anak sudah gak terlalu peduli, lalu siapa lagi kalau bukan kita? Sekali lagi mohon maaf, bukan maksud untuk menjelekkan, tapi utk awareness kita semua, pemilik arena bermain dan juga para orang tua.


Ada komentar? Bagikan ke sesama orangtua yang lain ya. Hal yang baik harus dibagikan ke banyak orang!

Salam #orangtuapintar #kerjadirumahaja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KERJADIRMAHAJA.COM - BISNIS HEBAT BIKIN HAPPY!

KERJADIRMAHAJA.COM - BISNIS HEBAT BIKIN HAPPY!